RUU tentang Balai Harta Peninggalan

adminjdih
By adminjdih February 20, 2018 19:02

RUU tentang Balai Harta Peninggalan

Balai Harta Peninggalan merupakan lembaga yang diperlukan untuk mengurus harta peninggalan dari seseorang berhubungan dengan perwalian, pengampuan, ketidakhadiran, harta peninggalan tidak terurus, pendaftaran waris, surat keterangan waris.

Balai Harta Peninggalan juga merupakan unit pelaksana teknis dalam lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Balai Harta Peninggalan sendiri mempunyai tugas yang berkaitan dengan pengawasan, perlindungan dan pengurusan terhadap kekayaan yang mencakup harta peninggalan, harta kekayaan orang tidak hadir, harta peninggalan tak terurus, harta anak dibawah umur sepanjang tidak berada dibawah perwalian, harta mereka yang diletakkan dibawah pengampuan, dan harta pailit.

Dalam produk hukum kolonial yang berkaitan dengan Balai Harta Peninggalan, peraturan perundang-undangan yang ada sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman, sehingga peraturan tersebut perlu dicabut dan diganti.

Peraturan perundang-undangan dibidang Balai Harta Peninggalan produk kolonial Hindia Belanda itu antara lain :
Institutie voor de Weeskamer in Indonesie (Ordanantie van 5 Oktober 1872, Stb. 1872 Nomor 166)Vereeniging toteene regeling van het de kassen der weeskamers en der boedelkamers en regelling van het beheer dier Kassen (Ordonantie van 9 Septenber 1897, Stb. 1897 Nomor 231).

Berdasarkan uraian sebagaimana tersebut diatas, maka sudah waktunya untuk membentuk Undang-undang tentang Balai Harta Peninggalan dengan tugas dan fungsinya yang khas tersebut untuk menggantikan peraturan perundang-undangan produk kolonial yang sudah tidak sesuai dengan kebutuhan dimasa sekarang dan akan datang.

Senin, 30 April 2012, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melakukan rapat tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Balai harta Peninggalan. Rapat dihadiri oleh anggota panitia Penyusunan RUU tentang Balai Harta Peninggalan dan perancang peraturan-perundang-undangan.

adminjdih
By adminjdih February 20, 2018 19:02
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*